SEPATU EMAS

keSEPAkaTan Untuk kElas MAtematika Spensaba

Untuk menciptakan disiplin di sekolah dimulai dari lingkup terkecil yaitu di dalam kelas. Di dalam kelas, suatu tindakan atau perilaku dapat menentukan terciptanya sebuah lingkungan positif. Tindakan atau perilaku di dalam kelas tersebut menjadi sebuah kebiasaan, yang akhirnya membentuk sebuah budaya positif. Dalam membentuk budaya positif perlu diciptakan dan disepakati keyakinan-keyakinan atau prinsip-prinsip dasar bersama di antara para warga kelas. Untuk menentukan arah tujuan dari sebuah institusi/sekolah diperlukan perpaduan antara nilai – nilai kebajikan dan visi sekolah yang nantinya diturunkan di kelas – kelas menjadi keyakinan kelas yang disepakati bersama.

Sebagai upaya dalam membangun budaya positif di SMP Negeri 1 Baturetno (Spensaba) maka diluncurkan inovasi berupa keyakinan keSEPAkaTan Untuk kElas MAtematika Spensaba (SEPATU EMAS). Keyakinan kelas disusun berdasarkan kesepakatan bersama antara guru dengan murid secara jelas, mudah dipahami dan dapat langsung dilakukan. Oleh karena itu, dalam keyakinan kelas sebaiknya digunakan kalimat positif. Murid diarahkan memunculkan usulan, ide, dan gagasan tentang bagaimana mewujudkan kelas nyaman, sekaligus disiplin. Kesepakatan dapat diperbaiki dan dikembangkan secara berkala sesuai dengan kodrat anak dan kodrat zaman. Hasil nyata yang diperoleh dari kesepakatan kelas ini adalah murid dapat belajar secara kolaboratif dan mempunyai integritas sehingga prestasi Matematika yang ditargetkan dapat tercapai.

Tujuan

  • Mengembalikan peran murid sebagai subjek pendidikan
  • Mewujudkan budaya positif di SMP Negeri 1 Baturetno
  • Sebagai salah satu cara guru dalam membentuk tanggung jawab, khususnya tanggung jawab terhadap kesepakatan yang telah dibuat
  • Menumbuhkan nilai positif yang kemudian akan menjadi budaya positif bagi murid di SMP Negeri 1 Baturetno
  • Mewujudkan proses pembelajaran khususnya pada pelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Baturetno yang lebih kondusif dan maksimal untuk mencapai target prestasi.

Manfaat

  • Kembalinya peran murid sebagai subjek pendidikan
  • Terwujudnya budaya positif di SMP Negeri 1 Baturetno
  • Terbentuknya tanggung jawab, khususnya tanggung jawab terhadap kesepakatan yang telah dibuat
  • Bertumbuhnya nilai positif yang kemudian akan menjadi budaya positif bagi murid di SMP Negeri 1 Baturetno
  • Terwujudnya proses pembelajaran khususnya pada pelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Baturetno yang lebih kondusif dan maksimal untuk mencapai target prestasi.