SMP Negeri 1 Baturetno

SMP Negeri 1 Baturetno

Unggul dalam mutu, beriman dan bertaqwa, kreatif, mandiri, berpijak pada budaya bangsa serta berwawasan lingkungan

Jumat, 21 September 2018 01:46

Gerakan Pungut Sampah (GPS) 2018

Hari Sabtu, 15 September 2018 seluruh warga SMPN 1 Baturetno  mengadakan kegiatan GPS atau Gerakan Pungut Sampah. Kegiatan ini diikuti sekitar 820 orang yang terdiri seluruh siswa baik kelas 7, 8 dan 9 juga guru dan karyawan SMPN 1 Baturetno.

Kegiatan ini merupakan program untuk mengubah kultur warga SMPN 1 Baturetno lebih mencintai almamaternya. Dibuktikan dengan cinta lingkungan sekolah yang bersih dari sampah sehingga memberikan kenyamanan bagi warga sekolah. Selain untuk kebersihan jelang Penilaian Tengah Semester (PTS) GPS merupakan program pemerintah untuk lebih mencintai lingkungan yang bersih dan sehat.

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat lingkungan sekolah bersih. Dengan mengerahkan semua warga sekolah yang dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu bagian utara, tengah dan selatan sekolah baik bagian halaman dalam sekolah maupun halaman luar sekolah. Selain itu bagian lantai atas, lantai bawah, komplek laboratorium IPA dan komputer juga ruang kesenian. dan pastinya ruang kelas tidak ketinggalan.

Sampah dipilah antara sampah organik, dan anorganik. Sampah-sampah tersebut kemudian ditimbang. Dan disisihkan sampah-sampah yang bisa di daur ulang. Terakhir sampah mendarat pada bank sampah atau Tempat Pembuangan Akhir sampah.

Menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat itu menyenangkan. Dan SMPN 1 Baturetno pasti bisa.

Oleh : Siti Zulaiha

jps2

 

Jumat, 21 September 2018 00:32

Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler adalah kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah atau universitas, umumnya di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik.

Di SMP Negeri 1 Baturetno terdapat beberapa ekstrakurikuler diantaranya :

1. Kepramukaan

Kepramukaan merupakan ekstrakurikuler wajib bagi siswa/siswi SMP Negeri 1 Baturetno, terutama kelas 7 dan 8.  Ektra ini diadakan setiap hari Jum'at  setelah KBM. Pembina ekstra ini diantaranya Ibu Dra. Wiwiek S.As, Ibu Isti Hidayati AW, S.Pd., Ibu Titin Trirahayu, S.Pd., Ibu Siti Zulaiha, S.Pd., Ibu Kariyem, S.Pd., Ibu Suprihatin, S.Pd., Ibu Diasi Ariestina, S.Pd., Bp. Khurozi, S.Pd., Bp. Sidik Widiyantoro, Bp. A.Wahhab, S.Psi., Ibu Zunita Fajarwati, S.Pd.I., Bp Wiyono, S.Pd., Bp Drs. Hariyanto, Bp Dwi Setyabudi, S.Pd.

Pramuka

2. BTQ

Ekstra ini diadakan setiap hari Jum'at  sebelum KBM.

3. Palang Merah Remaja (PMR)

Pembina ekstra ini adalah Ibu Sudarsih, S.Pd., Bp A. Wahhab, S.Psi, Bp Khurozi, S.Pd.

PMR

4. Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)

KIR merupakan ekstrakurikuler pilihan. Ekstra ini diadakan setiap hari selasa setelah KBM. Pembina ekstra ini adalah Ibu Siti Zulaiha, S.Pd., Bp Agus Dwianto, M.Pd.

5. OSN IPA

OSN IPA merupakan ektrakurikuler pilihan. Ekstra ini diadakan setiap hari rabu setelah KBM. Pembina ekstra ini adalah Ibu Kariyem, S.Pd., Bp Agus Dwianto, M.Pd., Bp Khurozi, S.Pd.

6. OSN IPS

Pembina ekstra ini adalah Ibu TitinTrirahayu, S.Pd., Ibu Diasi Ariestina, S.Pd., Bp Drs. Hariyanto., Ibu Indiyah Wulan H, S.Pd.

7. OSN Matematika

OSN Matematika merupakan ekstrakurikuler pilihan. Ekstra ini diadakan setiap hari selasa setelah KBM. Pembina ekstra ini adalah Bp. Yusuf Purwadi, S.Pd.

8. Kebahasaan

Kebahasaan merupakan ekstrakurikuler pilihan. Ekstra ini diadakan setiap hari jum'at setelah KBM. Pembina ekstra ini adalah Ibu Suprihatin, S.Pd., Bp. Iwan Widiyatmo, S.Pd., Bp. Ari Prasmono, M.Pd., Bp. Anung Widianto, S.Pd, Wijaya, S.Pd., Agus Dwianto, M.Pd.

9. Drumband

Drumband merupakan ekstrakurikuler pilihan. Pembina ekstra ini adalah Bp. Drs. MF. Al Fatah, Bp. Mulyanto, S.Pd., Ibu Yayuk Widyastuti

Drumband

10. Sepak Bola

Sepak Bola merupakan ekstrakurikuler pilihan. Ektra ini diadakan setiap hari rabu setelah KBM. Pembina ekstra ini adalah Bp Bambang Tarjoko, S.Pd.

11. Bola Voli

Bola Voli merupakan ekstrakurikuler pilihan. Ektra ini diadakan setiap hari rabu dan kamis setelah KBM. Pembina ekstra ini adalah Bp Kaswanto, S.Pd.

12. Bulu Tangkis

Bulu tangkis merupakan ekstrakurikuler pilihan. Ekstra ini diadakan setiap hari minggu. Pembina ekstra ini adalah Bp Sidik Widyantoro

13. Tenis Meja

Tenis Meja merupakan ekstrakurikuler pilihan. Ekstra ini diadakan setiap hari rabu setelah KBM. Pembina ektra ini adalah Bp Ari Prasmono, M.Pd.

14. Renang

Renang merupakan ektrakurikuler pilihan. Ekstra ini diadakan setiap hari selasa setelah KBM. Pembina ekstra ini adalah Bp Bambang Tarjoko, S.Pd.

15. Panahan

Panahan merupakan ektrakurikuler pilihan. Ekstra ini diadakan setiap hari selasa setelah KBM. Pembina ekstra ini adalah Bp Jamari

Panahan

16. Pencak Silat

Pencak silat merupakan ekstrakurikuler pilihan. Ekstra ini diadakan setiap hari rabu setelah KBM. Pembina ektra ini adalah Bp Jamari

17. Seni Musik

Seni Musik merupakan ekstrakurikuler pilihan. Pembina ekstra ini adalah Ibu Sumiyatin, S.Pd., Bp. Tri Mulyanto, S.Pd.

18. Tari Jawa

Tari jawa merupakan ekstrakurikuler pilihan. Ekstra ini diadakan setiap hari senin setelah KBM. Pembina ekstra ini adalah Ibu Tri Marheni, S.Pd.

19. Karawitan

Karawitan merupakan ektrakurikuler pilihan. Ekstra ini diadakan setiap hari rabu setelah KBM. Pembina ekstra ini adalah Ibu Tri Ningsih, S.Sn.

Karawitan

20. Film

 Film merupakan ektrakurikuler pilihan. Ekstra ini diadakan setiap hari rabu setelah KBM. Pembina ekstra ini adalah Bp. Fajar Prihattanto, S.Pd. dan Bp. Nur Cholis, S.Pd.I. Salah satu hasil karyanya film "Kacamata adik" dan "Byar Pet"

Senin, 17 September 2018 01:34

Pelantikan OSIS 2018

Hari Senin, 3 September 2018, SMP Negeri 1 Baturetno menyelenggarakan pelantikan Pengurus OSIS Masa Bakti 2018/2019 di halaman SMP Negeri 1 Baturetno. Sebelum pelantikan secara resmi, semua pengurus OSIS memasuki tempat upacara dengan formasi barisan dengan level kerumitan yang tinggi, sehingga hal itu cukup mengundang perhatian semua peserta upacara. Secara simbolis, Ibu Dra.Siti Safuroh, MSI. selaku Kepala SMP Negeri 1 Baturetno mengenakan jaket pengurus OSIS kepada Favian Bagus Abhyasa dari kelas 8A. Acara berikutnya adalah pembacaan sumpah janji atau Ikrar Pengurus OSIS, dipandu oleh Ibu Dra.Siti Safuroh, MSI., dan ditirukan oleh semua pengurus OSIS.


Sebelum pelantikan kepengurusan, kegiatan reorganisasi diawali dengan Penjaringan, Pemilihan dan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) calon pengurus OSIS masa bakti 2018/2019. Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa adalah suatu kegiatan untuk memberikan pelatihan dasar kepemimpinan kepada para siswa. Agar para siswa juga mengetahui betapa pentingnya memahami dasar-dasar dalam berorganisasi, sehingga akan lebih mudah mengembangkan potensi-potensi yang ada. Setelah memahami dasar-dasar kepemimpina, maka peserta LDK SMP Negeri 1 Baturetno akan mampu untuk selalu bersikap disiplin dan bertanggung jawab, memberikan contoh kepada para siswa-siswi lainnya.

OSIS merupakan wadah organisasi siswa yang syah disekolah, dimana maju mundurnya organisasi ini sangat bergantung pada kinerja pengurusnya. Oleh sebab itu prosesi reorganisasi ini diharapkan mampu untuk melanjutkan roda organisasi dengan sebaik-baiknya sesuai dengan Visi dan Misi sekolah yaitu Unggul dalam Mutu, Berpijak pada Budaya Bangsa, Beriman dan Berwawasan Lingkungan.

osis1

Sabtu, 15 September 2018 07:24

Kegiatan Adiwiyata

Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia.

berita1 2SMP Negeri 1 Baturetno pada tahun ini menjadi salah satu sekolah yang mengikuti program adiwiyata. Koordinator kegiatan adiwiyata tahun ini adalah Bapak Drs. Hariyanto selaku Wakil Kepala Sekolah Sarana dan Prasarana SMP Negeri 1 Baturetno. Sosialisasi program Adiwiyata kepada warga sekolah dilaksanakan pada kegiatan upacara bendera, di sela-sela proses Kegiatan Belajar Mengajar, dan berbagai kesempatan lainnya. Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain pemanfaatan lahan kosong, pembuatan taman, kolam, kebun, mading bertema adiwiyata, biophori, pemeliharaan burung, pemisahan sampah organik dengan anorganik, penjualan tempat air minum bekas yang dikelola oleh setiap kelas, dan lain-lain. Semua warga sekolah terlibat aktif untuk menyukseskan program adiwiyata, sehingga sekolah menjadi semakin sejuk, rindang, hijau, dan asri.

berita1 3 berita1 4
Green House Mading Bertema Lingkungan

 

berita1 5Salah satu hal yang juga cukup menarik pada kegiatan Adiwiyata adalah terciptanya lagu berjudul Sekolah Adiwiyata hasil karya Bapak Tri Mulyanto, S.Pd., sebagai pencipta lagu dan Ibu Dra. Siti Safuroh, MSI. sebagai penulis lirik. Karya tersebut ditampilkan oleh kelompok paduan suara SMP Negeri 1 Baturetno pada saat kunjungan tim penilai Adiwiyata ke sekolah. Harapan dari kegiatan Adiwiyata adalah diteruskannya budaya-budaya cinta lingkungan, sehingga sekolah yang asri, hijau, bersih, dan nyaman selalu dapat dirasakan di SMP Negeri 1 Baturetno.

Halaman 1 dari 4

Cari

Pengunjung

001902
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
79
659
179
1902

Your IP: 54.92.163.105
2018-10-17 03:14